Senin, 16 Mei 2016

Cara Merias Mata Gaya Smoky Eyes

Gaya rias mata smoky eyes dapat memberikan aksen dramatis yang anggun pada penampilan Anda. Gaya riasan ini tidak hanya dapat dilakukan oleh penata rias profesional. Dengan alat yang tepat dan sedikit pengetahuan tentang teknik yang benar, Anda pun dapat melakukannya. Pelajari cara merias mata gaya smoky eyes klasik dan dramatis dalam beberapa langkah mudah dan sederhana berikut ini.

Metode 1 dari 3: Persiapan Merias

  1. Gambar berjudul Get Smoky Eyes With Makeup Step 1
    2
    Gunakan jenis eyeshadow yang sesuai. Walau mungkin mudah dan cepat memilih tiga warna eyeshadow komplementer pertama yang Anda temukan dengan aplikator spons, riasan smoky eyes yang sempurna harus dilakukan dengan jenis kosmetik yang sesuai.
    • Menggunakan eyeshadow berbentuk bubuk akan memberikan Anda keleluasaan untuk mencampur dan meratakan warna yang sangat diperlukan untuk menciptakan riasan smoky eyes yang indah. Anda juga bisa menggunakan eyeshadow dalam bentuk padat atau krim, tapi untuk hasil terbaik gunakanlah eyeshadow dalam bentuk bubuk.
    • Gunakan eyeliner warna hitam pekat untuk mempertegas riasan smoky eyes. Anda bisa memilih menggunakan eyeliner dalam bentuk pensil, krim, atau cair, semuanya dapat memberikan hasil yang memuaskan. Eyeliner krim dan cair akan memberikan hasil yang lebih halus, sementara eyeliner pensil akan memberikan hasil yang membaur.
    • Pastikan Anda menggunakan kuas rias yang berkualitas baik. Menggunakan kuas yang kotor dan usang, atau kuas spons akan menghasilkan riasan yang terkesan kotor dan tidak terbaur merata. Kuas rias yang terbaik untuk gaya smoky eyes adalah kuas eyeshadow yang berbentuk cenderung bundar seperti kubah pada bagian atasnya. Anda bisa menemukan kuas seperti ini di berbagai toko perlengkapan kecantikan.
    • Pastikan Anda menggunakan concealer dan primer eyeshadow untuk mempersiapkan permukaan kelopak mata Anda sebelum mulai membentuk riasan smoky eyes. Ulaskan keduanya menggunakan kuas concealer.
    • Siapkan kuas besar berbulu halus, pembersih riasan, dan cottonbuds untuk memperbaiki kesalahan yang mungkin terjadi atau membersihkan bubuk eyeshadow yang mungkin jatuh ke pipi Anda.
    Gambar berjudul Get Smoky Eyes With Makeup Step 3
    3
    Gunakan rias wajah Anda. Sebelum mulai membuat riasan smoky eyes, gunakan terlebih dahulu riasan dengan warna netral pada wajah Anda. Gunakan concealer pada bagian bawah mata dan pada bagian wajah lain yang terdapat bintik merah atau gelap, lalu bubuhkan alas bedak di atasnya untuk menjaganya melekat pada wajah Anda.
    • Anda bisa mengulaskan perona pipi atau bronzer untuk menambah dimensi pada wajah Anda. Untuk bronzer, ulaskan pada bagian cekungan pipi dengan kuas besar berbulu halus. Untuk perona pipi, ulaskan pada tulang pipi. Baik untuk perona pipi maupun bronzer, cukup ulaskan tipis untuk memberikan hasil yang alami.
    Pastikan alis mata Anda terbentuk dengan baik, karena riasan mata smoky eyes akan menarik perhatian ke arah sana. Alis mata yang terlalu tipis akan membuat riasan smoky eyes Anda nampak terlalu gelap dan tidak alami.

    Metode 2 dari 3: Membuat Riasan Smoky Eyes gaya Klasik

    1. Gambar berjudul Get Smoky Eyes With Makeup Step 4
      1
      Ulaskan highlighter. Highlighter adalah warna yang paling terang diantara ketiga warna eyeshadow yang Anda pilih. Gunakan kuas eyeshadow untuk membubuhkannya pada sudut bagian dalam kelopak mata bagian atas dan bawah. Sapukan juga tepat di bawah alis, mulai dari pangkal hingga ke ujung alis.
    2. Gambar berjudul Get Smoky Eyes With Makeup Step 5
      2
      Gunakan warna medium. Ambil warna eyeshadow medium dan sapukan pada seluruh kelopak mata Anda. Pastikan Anda membaurkannya dengan highlighter pada bagian sudut dalam mata, sehingga tidak terlihat garis pembatas yang jelas diantara kedua warna tersebut. Ulaskan ke arah atas hanya hingga ke batas lipatan alami pada kelopak mata Anda, jangan melewatinya sampai ke highlighter di bawah alis Anda.
    3. Gambar berjudul Get Smoky Eyes With Makeup Step 6
      3
      Mulai tambahkan warna yang paling gelap. Mulailah dari bagian sudut luar mata Anda, dan sapukan membentuk huruf C sampai kira-kira setengah jalan ke bagian tengah mata dari sisi luar wajah pada garis bulu mata, lalu lanjutkan sampai kira-kira setengah jalan ke bagian tengah mata pada lipatan kelopak mata.
      • Bagian tergelap harus berada pada titik teratas bagian ujung garis bulu mata Anda. Jika Anda ingin menambahkan warna gelap lagi, mulailah pada titik ini dan ulaskan ke arah dalam atau ke arah atas.
      • Jangan mengulaskan eyeshadow terlalu jauh ke dalam. Kurang lebih ⅓-½ bagian kelopak mata Anda sebaiknya dibiarkan tidak terkena eyeshadow warna gelap agar mata Anda terlihat cerah dan segar.
      • Untuk menambahkan aksen dramatis pada riasan smoky eyes klasik Anda, sapukan eyeshadow warna gelap dengan bentuk menyudut (lebih menyerupai bentuk "<" daripada bentuk "C") mendekati alis. Pastikan bahwa titik tergelap masih berada di sudut luar garis bulu mata Anda.
      • Sapukan sedikit eyeshadow gelap pada kelopak mata bagian bawah. Sekali lagi, mulailah dari sudut luar mata dan teruskan hanya sampai kurang lebih setengah jalan. Ini akan membantu menyeimbangkan warna gelap pada bagian atas mata Anda.
    4. Gambar berjudul Get Smoky Eyes With Makeup Step 7
      4
      Baurkan eyeshadow Anda. Bersihkan kuas eyeshadow dengan pembersih kuas rias atau sabun wajah/shampo dan air. Keringkan kuas dengan menyapukannya dengan cepat dan berulang pada handuk bersih. Lalu gunakan kuas untuk membaurkan warna-warna tersebut.
      • Mulailah membaurkan dari warna yang paling terang. Pastikan tidak ada garis batas yang tegas antara warna medium pada kelopak dan warna gelap pada lipatan kelopak. Ulaskan kuas dengan lembut membentuk huruf "C" pada pertemuan kedua warna tersebut untuk menghasilkan efek gradasi warna yang halus.
      • Baurkan warna gelap pada lipatan kelopak mata ke arah luar mendekati tulang alis. Hasilnya harus memudar secara halus ke warna kulit dan tidak terlihat menumpuk di atas highlighter yang sebelumnya diulaskan di bawah alis.
    5. Gambar berjudul Get Smoky Eyes With Makeup Step 8
      5
      Tambahkan eyeliner. Jika Anda menginginkan riasan gaya cat-eye yang lentik, tarik garis eyeliner dari sudut dalam garis bulu mata ke arah luar menuju ujung alis. Akhiri dengan garis melengkung sedikit di luar tepi eyeshadow (dimana bagian tergelap eyeshadow bertemu dengan bagian kulit yang tidak diberi eyeshadow). Untuk tampilan yang lebih terbaur, tarik garis tebal sepanjang garis bulu mata atas lalu gunakan ujung jari atau kuas eyeshadow kecil untuk membaurkan garis tersebut.
      • Untuk menambahkan efek dramatis pada rias smoky eyes Anda, beri garis eyeliner tepat membingkai mata. Garis eyeliner harus tepat mengikuti garis tepi mata bagian dalam yang berada tepat di bawah bulu mata atas dan bawah. Tidak semua orang bisa melakukannya dengan mudah, karena eyeliner harus digunakan cukup dekat dengan bola mata.
      • Gunakan pensil eyeliner berwarna putih pada garis mata bagian dalam dekat kelenjar air mata di samping hidung. Ini akan membuat mata Anda terlihat lebih menonjol dan tetap terlihat cerah meskipun dikelilingi bauran warna gelap di sekitarnya.
    6. Gambar berjudul Get Smoky Eyes With Makeup Step 9
      6
      Tambahkan maskara. Gunakan maskara secara hati-hati, dengan perlahan menggoyangkannya di antara bulu mata untuk membuatnya nampak lebih jelas. Jangan menambahkan lebih dari 2 lapis maskara karena dapat terbentuk gumpalan dan tampilan yang tidak alami. Cukup ulaskan satu kali pada bulu mata bagian bawah untuk mempertegas tampilannya tanpa membuat Anda terlihat seperti rakun.
    7. Gambar berjudul Get Smoky Eyes With Makeup Step 10
      7
      Gunakan kuas besar berbulu lembut untuk menyingkirkan bubuk eyeshadow atau maskara uang mungkin jatuh ke pipi atau bagian bawah mata Anda. Sapukan kuas dengan gerakan melebar dan cepat. Jika ada maskara yang tercoreng di sekitar kelopak mata atau pipi, gunakan cottonbud yang diberi sedikit pembersih riasan untuk menyingkirkannya lalu perbaiki kembali riasan yang mungkin terhapus dengan menggunakan kuas yang sebelumnya Anda gunakan untuk membaurkan warna.

      Metode 3 dari 3: Membuat Riasan Smoky Eyes Dramatis

      1. Gambar berjudul Get Smoky Eyes With Makeup Step 11
        1
        Gunakan highlighter. Dengan menggunakan teknik yang sama seperti pada riasan smoky eyes klasik, ulaskan eyeshadow dengan warna yang paling terang pada sudut dalam mata Anda dan tepat di bawah alis, di atas lipatan kelopak mata. Sapukan sedikit highlighter pada sudut dalam mata bagian bawah.
      2. Gambar berjudul Get Smoky Eyes With Makeup Step 12
        2
        Ulaskan warna tergelap sepanjang garis bulu mata. Gunakan warna eyeshadow tergelap untuk menggantikan warna medium sepanjang garis bulu mata bagian atas. Bagian tergelap harus berada di dekat akar bulu mata dan perlahan membaur ke arah lipatan kelopak mata.
        • Sapukan sedikit pada garis bulu mata bagian bawah, tapi hanya di bagian ujung luarnya. Gunakan eyeshadow gelap pada garis bulu mata bagian bawah, tapi cukup setengah jalan saja.
        • Cukup gunakan eyeshadow gelap sampai batas tengah kelopak mata. Jangan ulaskan hingga mencapai lipatan kelopak, karena bagian ini akan digunakan untuk warna medium.
      3. Gambar berjudul Get Smoky Eyes With Makeup Step 13
        3
        Tambahkan warna medium. Ulaskan eyeshadow warna medium mulai dari bagian tengah kelopak mata ke arah atas menuju lipatan kelopak. Warna ini harus diulaskan di bagian kelopak mata yang bertemu dengan warna eyeshadow gelap.
        • Anda bisa membaurkan warna ini ke arah atas melewati lipatan kelopak mata hingga ke highlighter. Tujuannya adalah menghasilkan warna eyeshadow bergradasi mulai dari warna tergelap di garis bulu mata hingga warna terang di bawah alis.
        • Gunakan sedikit warna medium untuk membaurkan warna gelap di garis bulu mata bawah Anda. Terus sapukan sepanjang garis bulu mata bawah.
      4. Gambar berjudul Get Smoky Eyes With Makeup Step 14
        4
        Baurkan warna. Bersihkan kuas eyeshadow dengan mencucinya dengan sabun wajah/shampo, atau menyemprotkan pembersih kuas rias anti-bakteri. Keringkan kuas dengan handuk atau kain sebelum digunakan untuk membaurkan warna. Sapukan kuas dengan lembut dan melebar pada area tempat bertemunya warna eyeshadow berbeda pada mata.
        • Baurkan sapuan yang searah dengan bulu mata (horizontal), tapi ciptakan tampilan warna yang membaur ke atas.
        • Pastikan garis bulu mata adalah bagian dengan warna yang paling gelap, dan jika perlu tambahkan sedikit lagi eyeshadow warna gelap langsung ke garis bulu mata saat membaurkan warna ke atas.
        • Jangan lupa membaurkan ke arah luar dan tepi mata, agar eyeshadow membaur dengan lembut ke warna alami kulit. Lakukan hal yang sama pada warna yang diulaskan pada bagian bawah mata.
      5. Gambar berjudul Get Smoky Eyes With Makeup Step 15
        5
        Tambahkan eyeliner. Untuk riasan smoky eyes ultra-dramatis, tampilan eyeliner terbaur akan memberikan hasil terbaik. Gunakan pensil eyeliner tumpul untuk membuat garis tebal sepanjang garis bulu mata bagian atas. Lalu gunakan kuas rias atau ujung jari untuk membaurkan tepiannya ke arah atas.
        • Buat garis membingkai mata tepat di tepi dalam mata untuk menambahkan kegelapan ekstra. Tarik garis pada bagian kelopak mata yang paling mendekati bola mata, tepat di bawah bulu mata atas.
        • Jika Anda menambahkan eyeliner pada garis bulu mata bagian bawah, pastikan Anda hanya menggarisnya sampai batas eyeshadow berwarna gelap pada bulu mata bagian bawah. Pastikan juga Anda membaurkannya dengan eyeshadow sehingga tidak terlihat terlalu mencolok.
      6. Gambar berjudul Get Smoky Eyes With Makeup Step 16
        6
        Tambahkan maskara. Gunakan maskara secara hati-hati agar tidak mengenai kelopak mata. Gunakan pada bulu mata bagian atas terlebih dahulu, lalu cukup sapukan dengan cepat pada bulu mata bagian bawah. Goyangkan sikatnya di antara bulu mata untuk membantu memisahkan helaian bulu mata dan membuatnya tampak lebih jelas. Jangan menggunakan lebih dari 2 lapis maskara karena dapat membentuk gumpalan yang mengurangi kecantikan bulu mata Anda.
      7. Gambar berjudul Get Smoky Eyes With Makeup Step 17
        7
        Bersihkan eyeshadow atau maskara yang mungkin jatuh ke pipi Anda dengan menggunakan kuas besar berbulu halus. Gunakan sapuan melebar dan cepat agar tidak menghasilkan corengan pada riasan Anda. Jika sampai terjadi corengan, gunakan cottonbud yang diberi sedikit pembersih riasan untuk menghapusnya dan rapikan kembali riasan Anda dengan kuas yang sebelumnya digunakan untuk membaurkan warna.[2]
      8. Gambar berjudul Get Smoky Eyes With Makeup Step 18
        8
        Selesai.
        Iklan

      Tips

      • Perlu diingat bahwa lebih mudah untuk mempertebal riasan yang tipis daripada mengurangi riasan yang terlalu tebal. Mulailah dengan riasan tipis terlebih dahulu, lalu secara bertahap tambahkan ketebalannya sesuai keinginan Anda.
      • Berinvestasilah pada kuas rias yang berkualitas, karena kuas yang baik akan sangat membantu untuk menghasilkan riasan yang nampak profesional.
      • Gunakan riasan yang berkualitas. Kunjungi gerai riasan di pusat perbelanjaan setempat, Sephora, atau Ulta untuk mendapatkan pilihan produk-produk terbaik.
    1
    Pilih warna yang Anda inginkan. Semua warna dapat digunakan untuk gaya smoky eyes. Untuk satu warna, diperlukan setidaknya 3 tingkatan warna. Gaya rias mata smoky eyes klasik biasanya menggunakan warna hitam atau abu-abu, tapi warna tembaga dan coklat juga umum digunakan.
    • Mata berwarna hijau sangat cocok dengan smoky eyes warna abu-abu dan ungu plum, sedangkan mata berwarna biru akan nampak semakin indah dengan warna emas atau tembaga, dan mata berwarna cokelat sangat serasi dengan warna biru navy dan abu-abu.
    • Untuk setiap warna, Anda harus memilih tiga tingkatan warna: warna terang yang lembut, warna dasar medium, dan warna gelap smoky.
    • Hindari memilih warna yang terlalu terang, atau terlalu gelap untuk Anda yang berkulit terang. Tentu Anda ingin riasan smoky eyes memberi aksen yang mempercantik wajah Anda, dan bukannya malah mengalihkan perhatian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar